Mohon bantuan:

Foto Saya
Tangerang, Banten, Indonesia
Alhamdulillah Musholla Arrahman sudah bisa digunakan untuk Sholat Tarawih berjamaah pada Ramadhan 1429 H, juga dilaksanakan Sholat Fardhu berjamaah. Sejak peletakan batu pertama tgl 24 Agustus 2007, sampai saat ini pembangunan Musholla masih terus dilakukan walaupun perlahan-lahan. Mohon bantuan dana atau metarial untuk kelancaran pembangunan musholla ini. Bantuan dapat disalurkan melalui: Bank Syariah Mandiri (BSM) Capem. Ciledug No. rek : 0740039943 A/n: JAMHURI

Selasa, 24 Juni 2008

PROPOSAL PEMBANGUNAN MUSHOLLA ‘AR-RAHMAN’

PENDAHULUAN


Assalaamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.
Secara teoritis-konseptual, masjid/musholla adalah pusat kebudayaan Islam. Dari tempat suci inilah, syiar keislaman yang meliputi aspek duniawi dan ukhrowi, material-spiritual dimulai. Berbagai catatan sejarah telah menorehkan dengan baik mengenai kegemilangan peradaban Islam yang secara langsung disebabkan olah dan cipta jasmani, ruhani, dan intelektual di pusat peradaban yaitu Masjid (Musholla).

Mayoritas umat di Indonesia adalah umat Islam, apabila jumlah masjid yang ada di Indonesia benar-benar difungsikan sebagai ta’mir masjid (musholla) dengan baik maka dalam waktu yang tidak lama salah satunya yaitu akan mengeluarkan bangsa ini dari keterpurukan akibat krisis multidimensional yang sudah diderita beberapa tahun ini. Karena salah satu fungsi masjid/musholla adalah memberikan pembinaan dalam berbagai bidang kehidupan termasuk sosial ekonomi. Singkatnya, Moh E. Ayub (1998) menegaskan di antara fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat serta persatuan umat dalam rangka meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, kecerdasan umat dan tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT. Untuk mencapai tujuan itu diperlukan usaha pengembangan pola “idarah” (manajemen), “imarah” (pengelolaan program) dan “ri’ayah” (pengelolaan fisik) .

Dalam abad milenium ini, dimana perkembangan tehnologi yang begitu cepat memberikan dampak terhadap derasnya informasi maupun budaya-budaya baru yang masuk ke dalam kehidupan, mental dan spritiual kita. Bencana alam yang timbul akibat keteledoran manusia dan panjangnya rentang usia alam merupakan tanda dari Allah agar kita selalu ingat kepada-Nya dengan mengikuti petunjuk-petunjuk-Nya. Musholla yang difungsikan sebagai sentral pembinaan mental dan spiritual umat, memiliki arti yang sangat penting bagi usaha kita mengedepankan sikap hidup masyarakat yang islami agar dapat membentengi diri dari budaya-budaya buruk yang tidak sesuai dengan norma agama. Jumlah penduduk yang terus bertambah dan belum adanya Musholla di komplek kami mendorong upaya pembangunan Musholla agar dapat memfasilitasi kebutuhan sarana ibadah bagi masyarakat warga Fedora RW 15 desa Pakujaya Kecamatan Serpong - Tangerang Banten dan sekitarnya. Kami akan sangat bergembira apabila Bapak dan Ibu berkenan memberikan infaq atau shodaqoh apapun bentuknya.

"Barang siapa membangun masjid (musholla) semata-mata karena Allah, maka Allah akan
membangun baginya seperti itu juga di dalam surga”(Hadist)
Semoga Allah meridhoi.

Wassalamu'alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

Tidak ada komentar: